Pengertian manajemen pemasaran dan fungsinya –
Manajemen pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua
kata yang pertama kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”,
jadi pengertian manajemen pemasaran berasal dari gabungan dua
pengertian.
A. Penjelasan manajemen pemasaran
Kata manajemen sering di definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling
(pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang
telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan
didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi,
nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan
konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi
dan konsumsi.
Jadi yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling
(pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu
perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan secara
lebih efesien dan efektif. Itulah definisi manajemen pemasaran secara
umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti meliputi riset
pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan promosi,
strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan
pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini dilakukan untuk dapat
memenuhi kebutuhan konsumen.
B. Inilah beberapa pengertian atau definisi manajemen pemasaran menurut para ahli
- Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian di pemasaran.
- Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
C. Berikut ini unsur dalam manajemen pemasaran
Terdapat 3 (tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai berikut:
1. Orientasi pada konsumen atau pembeli
Umumnya produsen menghasilkan produk
untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, dengan tujuan
untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi paling utama yang
harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis.
Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis
selalu mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian
konsep pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang
sebagai raja, dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang
harus melayani kebutuhan raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam
tawaran yang menarik, baik itu dari segi produk yang dihasilkan maupun
dari segi pelayanan yang di sediakan. Manajemen pemasaran menyetujui
konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai
prioritas yang paling utama.
2. Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh
Manajemen pemasaran menyetujui adanya
pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan kegiatan-kegiatan
dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang
pemasaran, strategi, implementasi, penganalisaan, controlling
(pegawasan) dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus
dilakukan secara tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan
jelas, sehingga bisa mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan). Manajemen pemasaran menyetujui suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga dapat dilakukan penganalisaan dan controlling
(pengawasan) terhadap hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu
manajemen pemasaran salah satunya juga di dasarkan atas kegiatan
penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3. Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
D. Dan beberapa tugas manajer dalam manajemen pemasaran
Kepuasan konsumen menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
D. Dan beberapa tugas manajer dalam manajemen pemasaran
Dalam hal ini manajer memiliki banyak
pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi manajemen yang dijalankan
di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut di
jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang
nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan
konsumen sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya
bisa terpenuhi. Kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya
menjadi suatu keuntungan atau peluang bagi pembisnis yang perlu di
manfaatkan.
Tugas manajer pemasaran bisa di tinjau
dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu
bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan untuk dapat menubah
sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan
konsumen, tugasnya diantaranya seperti di bawah ini:
- Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
- Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
- Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
- Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak.
- Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
- Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.
Tidak ada komentar:
Write komentar